Selasa, 22 April 2008

interupt

INTERUPT

Program Percabangan

program melompat ke sebuah program lain untuk melaksanakan operasi yang lebih khusus

  1. subroutine

    Terjadi pada bahasa pada tingkat tinggi

  2. Procedure

    Terjadi pada bahasa tingkat rendah

  3. Trap

    pesan kesalahan

  4. Inerupt

    Permintaan dari hadware, processor akan mengeksekusi berdasarkan tingkat prioritas

  5. Exception

Percabangan ada 2 jenis:

  1. Percabangan tunggal

  2. percabangan berganda (nested branch)

Jenis-jenis interupsi

  1. Interupsi internal Mikroprocessor

  2. Interupsi Mutlak (Non Maskable interupt)

  3. Maskable interupt

  4. asdf

Prioritas Pelaksanan Interupsi

  1. Berdasarkan jenisnya

*) Interupsi internal (ex pembagian dengan nol)

*) mutlak gangguan listrik jenis non maskable (mutlak, tidak bisa diganggu gugat)

*) Software interrupt jenis maskable

*) Hardware interupt jenis maskable

  1. Berdasarkan tingkat penomorannya

Interupsi berdasarkan nomor

0 Pembagian dengan nol

1 Langkah tunggal

3 Breakdown

4 Overvlow

5 Print screen

Interupt nol akan disimpan pada alamat 0000 : 0000 (4 digit di depan : adalah CS dan 4 digit dibelakang adalah IP)

Setiap interupt akan memakai memori 4 byte

1 alamat memory 2 angka heksa = 8 bit = 1 byte


interupt 0 di 0 0000

interupt 1 di 4 4

interupt 2 di 8 8

interupt 3 di 12 C

interupt 4 di 16 10

interupt 5 di 20 14


untuk melihat alamat dari sebuah interupt (4 byte,. 4 alamat memory)

syntaxnya: d 0000:0014 L 4 akan tampil 4 buah alamat

output: B9 06 0A 02 (contoh saja, bisa jadi komputer yang berbeda menghasilkan output yang berbeda juga)

untuk melihat instruksi yang terjadi dalam sebuah interupt

syntax: u 020A:06B9 (membalik, dibaca dari belakang)


untuk menjalankan interupsi mengguanakan G


untuk melakanakan interupt misal di alamat mempry 100

- A 100

........ INT 5

......

-RIP

IP 0100 (untuk memastikan bahwa IPnya 100)

:100

-R

.......................................

........................................

....... INT 05


G batas akhir (contoh G 102)

P (menampilkan satu interupt)


mencetak karakter

  • a 100]

    ............. mov ah, 2

    ............. mov dl, 41

    ............. int 21

    ............. int 20

    .............

  • g

    A

    progress terminated .....


mencetak string

- e 200

    ................. 01.50 3A.52 dst (proses menulis string di memory)

  • d 200 (untuk melihat string yang dibuat tadi)

  • a 100

    ............ mov ah,9

    ............ mov dx, 200

    ............ int 21

    ............ int 20

    ............

  • g

    PR

    program terminated .....



2 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum
maaaf ni bukan komentar untk tulisan anda
saya siswa STIS, saya sering mengunjungi blog anda akhir2 ni, saya masuk jur KS disitu di tuntut mempelajari 2 bidang yakni statistik sendiri dan komputasi
tapi saya komptasinya payah untuk membuat tree dng array : insert, creat dll, harus sampai nglembur segala, bisakah saya tanya2 ttg instrukdat,ato php,ato sql laen kali kpd anda, tp saya tertarik dng desaign web untuk persiapan skripsi nanti, namun itu semua jika anda berkenan
ne email saya: cahputri_box@yahoo.co.id
syukron kastiir

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum
maaaf ni bukan komentar untk tulisan anda
saya siswa STIS, saya sering mengunjungi blog anda akhir2 ni, saya masuk jur KS disitu di tuntut mempelajari 2 bidang yakni statistik sendiri dan komputasi
tapi saya komptasinya payah untuk membuat tree dng array : insert, creat dll, harus sampai nglembur segala, bisakah saya tanya2 ttg instrukdat,ato php,ato sql laen kali kpd anda, tp saya tertarik dng desaign web untuk persiapan skripsi nanti, namun itu semua jika anda berkenan
ne email saya: cahputri_box@yahoo.co.id
syukron kastiir